Beranda > Tulang > Teratur Konsumsi Tempe Dapat Cegah Osteoporosis

Teratur Konsumsi Tempe Dapat Cegah Osteoporosis

Oktober 17, 2009

Pakar Gizi Prof Dr Muhilal berpendapat bahwa mengkonsumsi tempe secara teratur dapat mencegah osteoporosis atau mengalami patah tulang yang dialami oleh manusia.

Kandungan kalsium yang terdapat pada makanan tempe tersebut sangat tinggi, dan saat ini banyak dikonsumsi oleh masyarakat, katanya menjawab wartawan usai acara seminar Marine Organic Calsium (MOC) yang diselengarakan oleh PT. Citra Nusa Insan Cemerlang (CNI) di Medan, beberapa waktu lalu.

Menurut dia, kandungan kalsium tersebut juga paling banyak terdapat pada Air Susu Ibu (ASI), untuk itu sangat dianjurkan pada bayi agar diberi ASI sampai usia dua tahun. Tetapi untuk orang dewasa lebih diutamakan mengkonsumsi tempe.

Selain itu, katanya, ikan teri juga mempunyai kandungan kalsium yang cukup tinggi, serta sayuran hijau brokoli dan sayur bayam, namun harus diperhatikan cara memasaknya, dan tidak perlu terlalu matang biar kalsiumnya tidak hilang.

“Sebenarnya masyarakat kita banyak yang tidak mengetahui kalau makanan tempe yang terbuat dari kacang kedele, ikan teri serta sayur bayam dan sayur brokoli mempunyai khasiat yang tinggi, dan juga dapat untuk mencegah berbagai jenis penyakit”, ujarnya.

Ia menjelaskan, bagi masyarakat yang tidak mampu membeli susu dan vitamin untuk penambah kalsium. Dan mereka dapat hanya dengan makan tempe dan sayur bayam setiap hari sudah menambah pasokan kalsium.

Masyarakat Indonesia tidak perlu harus kekurangan kalsium, karena untuk mendapatkannya tidak harus dengan mengeluarkan biaya yang besar karena banyak diperoleh dari makanan sehari-hari, tambahnya.
(idionline/NeT)

%d blogger menyukai ini: