Beranda > Tulang > Magnesium Baik untuk Melindungi Tulang

Magnesium Baik untuk Melindungi Tulang

Oktober 17, 2009

Tingginya asupan magnesium yang didapatkan dari makanan ataupun suplemen ternyata baik untuk kesehatan tulang terutama mereka yang berusia lanjut, hasil suatu penelitian yang dilaporkan dalam Journal of the American Geriatrics.

Para ahli tersebut mengatakan asupan magnesium yang tinggi mempengaruhi secara bermakna ‘bone mineral density’ (BMD). Dilaporkan dalam makalahnya bahwa asupan magnesium 100 miligram per hari dapat meningkatkan 2% BMD di seluruh tubuhnya. Tingginya asupan magnesium di dalam diet dapat mencegah terjadinya osteoporosis.

Fraktur yang disebabkan oleh osteoporosis berhubungan dengan masalah kesehatan bagi usia lanjut, dr Kathryn M. Ryder dari Universitas Tennessee, Memphis dan timnya menjelaskan. Apabila kejadian rendahnya BMD dan fraktur meningkat, sangat berpengaruh terhadap kesehatan masyarakat. Magnesium adalah komponen di dalam tulang yang berperan dalam metabolisme kalsium dan memberi kekuatan pada tulang, mereka menambahkan.

Ryder dan timnya menguji asupan magnesium dalam bentuk suplemen dan yang terkandung dalam makanan serta hubungannya dengan BMD, terhadap 2038 partisipan yang berkulit hitam dan putih, usia antara 70 sampai 79 tahun, dengan dinilai kesehatannya, usianya, dan ‘body composition study.’ Mereka menggunakan uji coba semikuantitatif dengan memberikan pertanyaan yang berhubungan dengan makanan untuk menilai dietary intake dari magnesium dan standar tes untuk menilai BMDnya.

Hasil dari studi tersebut menjelaskan bahwa wanita kulit hitam dan putih memiliki asupan magnesium yang hampir sama, namun karena wanita kulit putih juga menambah asupan magnesium dari suplemen, sehingga wanita kulit putih memiliki total asupan rata-rata magnesium yang lebih tinggi.

Dibandingkan dengan laki-laki kulit hitam, laki-laki kulit putih dilaporkan mengkonsumsi makanan yang mengandung magnesium yang lebih banyak dan asupan suplemen magnesium yang lebih tinggi. Setelah dilakukan penilaian multivariasi, asupan magnesium positif berperan dalam dalam BMD partisipan kulit putih, namun tidak pada kulit hitam (laki-laki), yang menyebabkan perbedaan wanita kulit hitam dengan laki-laki kulit hitam adalah perbedaan pada regulasi kalsium ataupun akibat nutrisi, mereka menyimpulkan.
(idionline/NeT)

%d blogger menyukai ini: