Beranda > Tips > Tips Sehat Saat Mudik

Tips Sehat Saat Mudik

September 20, 2009


Tradisi pulang kampung atau yang dikenal dengan mudik, selalu menyertai perayaan Hari Raya Idul Fitri. Supaya mudik bisa berjalan lancar dan terbebas dari gangguan kesehatan, maka lakukanlah tindakan pencegahan terhadapnya.

  1. Sebelum berangkat mudik, usahakan untuk tidur yang cukup sekitar 6-8 jam. Ini penting untuk menjaga stamina tubuh selama perjalanan.

  2. Sebaiknya tidak melakukan perjalanan dalam kondisi lapar. Makanlah terlebih dahulu sebelum berangkat. Namun bila Anda berniat puasa, sebaiknya saat saur mengkonsumsi makanan yang bergizi, mengandung banyak karbohidrat dan protein sebagai sumber tenaga.

  3. Asupan multivitamin atau suplemen tubuh juga baik untuk menambah stamina dan membuat tubuh tetap fit selama perjalanan mudik.

  1. Bawalah bekal makanan dan minuman untuk perjalanan Anda. Pilih jenis makanan yang bersih dan tahan lama. Sementara untuk minuman, bawalah minuman hangat dan manis.

  2. Sebaiknya jangan membeli makanan yang banyak dijual di pinggir jalan, karena besar kemungkinan makanan tersebut telah terkontaminasi debu, kotoran dan kuman.

  3. Jangan lupa untuk mempersiapkan obat-obatan yang dibutuhkan. Simpan dalam tas kecil agar mudah terlihat dan dijangkau ketika diperlukan sewaktu-waktu.

  1. Tangan merupakan tempat menempelnya berbagai virus dan kuman, karena itu jauhkan jari-jari tangan Anda dari mata, mulut dan hidung. Rajin-rajinlah mencuci kedua tangan, terutama setelah melakukan kontak fisik dengan penderita atau tempat-tempat yang rentan terkontaminasi kuman dan virus.

  2. Untuk menjaga diri dan terhindar dari serangan kuman penyakit, tidak ada salahnya Anda menggunakan masker selama perjalanan mudik atau ketika sedang berdesakan membeli tiket dengan para pemudik lainnya. Bila Anda memilih mengendarai sepeda motor, masker mutlak harus Anda pakai. Ini berfungsi untuk melindungi hidung dan mulut dari debu dan kuman yang banyak beterbangan terbawa angin.

%d blogger menyukai ini: