Beranda > Tips > Tips menyiasati Mengantuk

Tips menyiasati Mengantuk

September 10, 2009

Setiap órang tentu pernah mengalami rasa kantuk saat mengerjakan tugasnya di kantor. Kalau rasa ini sudah datang, satu satunya keinginan yang muncul adalah memejamkan mata sejenak dan meninggalkan tugas untuk sementara waktu.

 Meski merupakan jalan yang efektif, namun tidur di saat jam kantor adalah hal yang sangat tidak dianjurkan. Selain membuat pekerjaan menjadi terbengkalai, karir pun akan berada di ujung tanduk, apalagi kalau atasan sampai mengetahui Anda tengah terlelap.

Membuat secangkir kopi mungkin menjadi langkah yang sering dianjurkan oleh rekan atau kerabat Anda. Hal ini memang memungkinkan untuk mengusir rasa kantuk karena kafein yang ada pada kopi pada umumnya bisa membuat orang merasa segar sampai sulit tidur. Tapi jika cara ini belum juga berhasil, langkah lain yang dapat dicoba adalah:

1. Jika memungkinkan berjalanlah ke arah jendela untuk mendapatkan cahaya matahari yang notabene lebih terang. Hal ini disebabkan karena tubuh manusia akan lebih mudah merasa mengantuk di lingkungan yang cahayanya relatif lebih rendah. Dengan melihat cahaya di luar sejenak diharapkan mata Anda akan kembali terbuka. Sambil menikmati sinar matahari tadi, Anda juga dapat berjalan-jalan sejenak mengendurkan otot-otot yang kaku, cara ini pun dianggap efektif untuk kembali berkonsentrasi pada pekerjaan.

2. Membasuh wajah dengan air yang segar menjadi cara lain yang kerap dilakukan. Demikian pula basahi leher bagian belakang agar kesegaran tadi menjadi lebih maksimal. Setelah itu buka mata lebar-lebar dan segera bangun semangat untuk kembali bekerja.

3. Dengarkan radio atau musik kesukaan yang dirasa mampu membangkitkan semangat. Jangan mendengarkan irama yang malah membuat Anda terbuai, karena akan semakin menambah rasa kantuk Dengan cara ini diharapkan otak akan semakin tajam dan makin waspada.

4. Anda bisa mencoba mencium wewangian untuk sejenak menghilangkan rasa kantuk atau menikmati sebuah permen atau camilan lain sambil berbincang dengan teman kerja yang lain (kalau tidak mengganggu). Tapi ingat jangan terlalu lama berbincang karena hanya akan semakin menumpuk pekerjaan.

%d blogger menyukai ini: