Beranda > Tips > Tip’s Agar Anda Tidur Nyenyak

Tip’s Agar Anda Tidur Nyenyak

September 7, 2009

Merasakan tidur nyenyak adalah satu nikmat yang tak bisa dinilai dengan uang. Dengan tidur nyenyak, tubuh dan pikiran betul-betul beristirahat. Energi yang sudah terkuras seharian akan terkumpul kembali.

 Dampaknya, keesokan hari akan terbawa gembira dan bersemangat memulai aktivitas kerja.Banyak orang yang tak tidur nyenyak mengambil jalan pintas mengonsumsi obat tidur. Itu bukan kebiasaan yang baik karena akan menimbulkan ketergantungan. Jadi, daripada berteman dengan obat tidur, lebih baik Anda mempraktikkan tip berikut agar dapat tidur nyenyak tanpa efek samping.

Kapan tidur dan bangun
Tentukan jam pergi tidur dan waktu bangun Anda, usahakan patuhi jadwal ini secara teratur setiap hari. Tubuh akan merekamnya dan memberikan informasi ke otak bahwa pada jam tertentu Anda seharusnya mulai mengantuk, tertidur, lalu bangun beberapa jam kemudian. Bila tubuh sudah menangkap ritme waktu tidur, saat mendekati waktu tidur, otomatis kantuk akan datang dengan sendirinya.

Mandi air hangat
Sebelum tidur, cobalah mandi dengan air hangat. Ini akan membantu merilekskan otot dan saraf, sehingga mempercepat datangnya kantuk dan memungkinkan Anda tidur dengan lelap.

Segelas susu
Meminum segelas susu hangat sebelum tidur akan membuat Anda lebih cepat mengantuk. Ada dua hal yang menyebabkan susu patut dijadikan ‘minuman wajib’ bagi orang-orang yang mendambakan tidur nyenyak. Pertama, susu kaya dengan kalsium. Selain berkhasiat memperkuat tulang dan gigi, kalsium juga menebarkan efek penenang (calming effect) yang mengundang kantuk. Kedua, susu juga mengandung asam amino tryptophan yang bila masuk ke tubuh berubah menjadi serotonin. Salah satu manfaat serotonin adalah merilekskan tubuh sekaligus menimbulkan kantuk. Dari pada mengonsumsi suplemen-suplemen obat yang mengandung tryptophan, tentu lebih baik minum segelas susu. Jelas bergizi dan menyehatkan.

Kasur dan tempat tidur yang kokoh
Kasur dan tempat tidur yang nyaman dapat mempengaruhi kualitas tidur. Apapun modelnya, pilihlah tempat tidur yang kokoh. jangan sampai tidur Anda terganggu hanya lantara engsel-engsel tempat tidur berbunyi saat Anda membolak-balikkan badan. Pastikan tempat tidur Anda memiliki alas papan yang bisa menyangga kasur secara menyeluruh, agar permukaan kasur selalu datar.Soal kasur, belilah yang dapat menopang tubuh dengan sempurna. Jangan terlalu keras seperti papan, atau terlalu empuk. Kedua-duanya membuat tubuh menjadi sakit dan tak nyaman. Kalau begini, mana bisa tidur nyenyak. Ada baiknya Anda mengganti kasur setelah dipakai beberapa tahun. Walau mereka hebat sekalipun, kualitas daya penyangganya pasti sudah menurun.

Suasana kamar
Tatalah kamar selalu bersih dan wangi. Pilihlah sprei atau alas kasur yang terbuat dari bahan kain lembut dan tidak panas. Gunakan lampu tidur atau matikan lampu. Suasana gelap merangsang otak mengeluarkan hormon tidur. Sehingga meski ada gangguan, tidur tak mudah terusik.

Sumber: human health
 (idionline/NeT)

%d blogger menyukai ini: