Beranda > Kanker > Daun Brokoli bisa menghambat kanker? Ya, daun yang sering menjadi campuran dalam sayur cap cay itu ternyata punya khasiat yang luar biasa, khususnya untuk menghambat pertumbuhan kanker di tubuh manusia.

Daun Brokoli bisa menghambat kanker? Ya, daun yang sering menjadi campuran dalam sayur cap cay itu ternyata punya khasiat yang luar biasa, khususnya untuk menghambat pertumbuhan kanker di tubuh manusia.

Daun Brokoli bisa menghambat kanker? Ya, daun yang sering menjadi campuran dalam sayur cap cay itu ternyata punya khasiat yang luar biasa, khususnya untuk menghambat pertumbuhan kanker di tubuh manusia.

Seorang ahli tanaman dari Inggris, berhasil menyilangkan brokoli dengan sejenis tanaman liar sebagai obat kanker.

 Dr. Richard Mitchen seorang ahli biologi tanaman yang bekerja sebagai peneliti Innes Centre, sebuah lembaga kesehatan yang didanai kerajaan Inggris, berhasil menemukan obat kanker baru.

Dr. Richard, dengan penelitian yang cukup lama berhasil menyilangkan jenis brokoli Inggris dengan brokoli jenis Sisilia liar.

 

Dari perkawinan silang dua jenis brokoli ini menghasilkan jenis baru, brokoli super.

Brokoli jenis baru ini diharapkan mampu menghambat bahan-bahan dalam tubuh manusia yang potensial menumbuhkan kanker. Khususnya kanker usus.

 

Kanker usus ini menjadi momok paling menakutkan kedua setelah serangan jantung di negara mendiang putri Diana itu. Setiap tahunnya 25.000 warga Inggris terbunuh oleh penyakit ini.

 

Lebih jauh tentang brokoli super, Innes Centre mengatakan rasa dan penampilan brokoli ini nyaris sama dengan brokoli lainnya. Namun zat yang dikandung didalamnya berbeda dengan brokoli yang ada. Brokoli super mengandung 100 kali lebih banyak zat sulphoraphane.

 

Zat inilah yang nantinya, di dalam usus bekerja menghancurkan bahan-bahan makanan yang potensial menumbuhkan kanker. Rencananya, percobaan pertama akan dilakukan awal tahun depan. Dan diharapkan, tahun 2002 brokoli super sudah dijual bebas di pasaran.(her)

 

 

Brokoli Cegah Kanker Lambung

 

Brokoli terdapat bahan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Bahan ini bisa digunakan sebagai dasar pengobatan beberapa kasus luka dan kanker lambung.

Tes laboratorium menemukan bahan kimia bernama sulforaphane (SFN), yang bisa membunuh Helicobacter pylori (kuman penganggu kerja lambung). Tentu saja, ini memberi dampak sangat positif bagi kesehatan. Apalagi kuman tersebut penyebab utama kasus luka dan kanker lambung.

Peneliti dari John Hopkins University di Baltimore berharap bisa menguji sulforaphane. Yang ingin dibuktikan adalah diet sayur kaya sulforaphane bisa membantu mengatasi infeksi kuman ini. Sebenarnya, kombinasi antibiotik kuat bisa membantu membunuh Helicobacter pylori pada 15-20 persen kasus.

Tak hanya baik bagi kesehatan lambung, brokoli memiliki sifat anti-acetylcholinesterase, yang baik bagi penderita Alzheimer. Penelitian yang dilakukan King’s College London menyatakan bahwa brokoli memiliki sifat anti-acetylcholinesterase yang paling kuat dibandingkan sayuran lainnya. Oleh karena itu brokoli digunakan dalam penelitian lebih lanjut untuk mencari senyawa yang memunculkan sifat tersebut, dan didapatkan kandungan glucosinolates, kelompok senyawa yang lazim terdapat pada keluarga kubis-kubisan (brassicaceae).

“Sejauh ini belum ada bukti bahwa mengkonsumsi brokoli akan memberi manfaat baik bagi penderita Alzheimer. Namun mengkonsumsinya dalam jangka panjang, bisa mengurangi penurunan kadar acetylcholine dalam sistem saraf pusat, yang memicu terjadinya Alzheimer,” papar profesor Peter Houghton dari King’s College London.
sumber :  (idionline/Net)

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: