Beranda > Tips > Cara Sederhana Melawan Lupa

Cara Sederhana Melawan Lupa

September 1, 2009

Kesibukan dan jadwal yang padat kerap kali membuat orang lupa, entah itu lupa untuk mengerjakan sesuatu, lupa untuk bertemu dengan rekan, dan lain-lain.  Hal ini memang alamiah terjadi mengingat keterbatasan memori yang dimiliki oleh seorang manusia, tapi kalau hal ini berlangsung terus menerus tentu bisa gawat nantinya.

Ya, masalah lupa bisa menjadi bumerang bagi Anda, karena bisa saja muncul anggapan bahwa Anda tidak profesional dalam bekerja atau tidak menganggap penting akan sesuatu, yang pada akhirnya merugikan diri sendiri. Anda tentu tak ingin hal ini terjadi, karenanya berikut beberapa tip sederhana yang dapat dilakukan:

1. Mencatat merupakan saran yang paling sederhana, mudah dilakukan dan yang paling umum terdengar. Kendati demikian banyak orang yang enggan atau menunda untuk melakukan langkah tersebut. Padahal mencatat merupakan langkah terbaik untuk mengatasi lupa. Anda bisa menulis rencana atau janji dalam catatan khusus atau pada ponsel/PDA (personal digital assistant) – agar lebih efektif, jangan lupa untuk memasang alarm pada hari dan jam yang bersangkutan.

2. Kalau hendak mencatat rencana atau janji di atas kertas, pastikan Anda menuliskannya pada satu tempat khusus, karena kalau tidak Anda akan membuang-buang waktu untuk mencari serpihan kertas-kertas tersebut.

3. Anda juga bisa menggunakan kertas yang dapat ditempel (sticky notes) di meja kerja agar tidak alpa pada janji yang sudah dibuat.

4. Menjaga kondisi tubuh menjadi hal berikut yang dapat dilakukan. Dengan mengonsumsi makanan yang sehat, istirahat yang cukup dan berolahraga secara rutin akan membantu Anda untuk lebih fokus pada setiap rencana.

5. Kalau kondisi tidak memungkinkan untuk menulis janji dan rencana — misalnya saat mengemudi – ada baiknya untuk merekam rencana tersebut, kalau tidak memiliki tape recorder, beberapa perangkat seluler kini sudah dilengkapi dengan fasilitas perekam suara.

6. Ada baiknya untuk menggunakan fasilitas e-mail reminder. Dengan cara ini Anda akan mendapat kiriman e-mail yang akan mengingatkan akan janji, rencana, event sampai rekan yang berulang tahun beberapa hari sebelum hari H.

%d blogger menyukai ini: