Beranda > Tips > 11 Langkah Panjang Umur

11 Langkah Panjang Umur

Agustus 31, 2009

Panjang umur, hidup sehat dan bahagia merupakan keinginan hampir setiap mahluk di dunia. Sayangnya, kesibukan sehari-hari kerap membuat kita melupakan langkah-langkah dasar yang penting bagi kesehatan, kebahagiaan, dan umur panjang. Apa sajakah itu?

1. PERIKSA KESEHATAN MENYELURUH
Penting bagi para wanita untuk tidak lupa melakukan general check-up. Mulai dari usia 25 sampai dengan 64, semua wanita harus melakukan pemeriksaan dasar setiap tahunnya, termasuk mengukur berat badan, tinggi badan, dan tekanan darah. Selain itu Anda juga perlu melakukan tes kolesterol, fungsi tiroid, dan pemeriksaan laboratorium serta pemeriksaan rontgen yang diperlukan. Jangan lupa untuk memperbarui imunisasi, misalnya suntik tetanus, karena kita sering lupa bahwa suntikan tetanus hanya berlaku selama sepuluh tahun.
Yang lebih penting lagi adalah meminum obat-obatan sesuai dengan resep dokter terutama bila Anda mengidap tekanan darah tinggi, diabetes, atau tiroid agar hidup lebih sehat dan panjang umur.
Setiap wanita yang sudah aktif secara seksual, harus melakukan pemeriksaan pelvis setiap tahun. Bahkan jika sebelum usia 18 tahun telah aktif melakukan kegiatan seksual pemeriksaan pelvis rutin juga diperlukan.
Setiap bulan, pada awal menstruasi, anak-anak gadis harus mulai membiasakan diri untuk memeriksa sendiri payudara mereka. Walaupun ada pertentangan mengenai kapan sebaiknya melakukan mammografi, pada umumnya dilakukan antara usia 40 dan 50.

2. PERIKSA GIGI RUTIN
Semakin bertambah usia, semakin penting kita pergi ke dokter gigi untuk merawat gigi. Ada penyakit-penyakit tertentu yang berhubungan dengan kesehatan gigi dan mulut. Misalnya, risiko penyakit kardiovaskular dihubungkan dengan lepasnya gigi, dan penyakit periodontal dihubungkan dengan kelahiran yang prematur.
Berdasarkan penelitian, kanker pada bibir, lidah, pharynx dan mulut berdampak kurang lebih pada 30.000 orang setiap tahunnya. Penyakit ini membunuh hampir 8.000 orang setiap tahun atau satu orang per jam. Oleh karena itu jangan lupa untuk menggosok gigi dan membersihkan gigi Anda serta memeriksakannya ke dokter gigi secara teratur.

 3. CINTAI DIRI ANDA
Jangan lupa untuk merawat diri sendiri. Bila Anda berkaca, apa yang Anda rasakan? Bahagiakah Anda? Gambaran diri sendiri dapat memberikan pengaruh yang luar biasa, baik positif maupun negatif pada kesehatan dan kebahagiaan. Apakah hubungan Anda dan pasangan merupakan hubungan yang sehat?
Pikirkan orang-orang yang Anda kasihi yang dekat dengan Anda. Apakah mereka menghormati Anda? Apakah Anda memilih orang-orang yang baik dengan Anda? Atau Anda memilih orang yang menyalahgunakan Anda? Penyalahgunaan dapat bersifat fisik tetapi dapat juga berupa penyalahgunaan seksual atau emosional. Bila Anda termasuk jenis orang yang susah menolak, mulai sekarang Anda harus dapat mengatakan “tidak”. Belajar mengatakan “tidak” dapat merupakan cara yang bernilai untuk memastikan bahwa kebutuhan Anda terpenuhi. Ingat, Anda tidak dapat memaksakan diri Anda untuk memuaskan semua orang atau membuat semua orang menyukai Anda.
Bila merasa depresi ataupun gelisah, sebaiknya, segera konsultasikan dengan tenaga berpengalaman dalam bidangnya, seorang ahli dengan siapa Anda merasa nyaman untuk menceritakan keadaan pribadi Anda. Bila Anda berada dalam situasi dimana Anda disiksa secara fisik, Anda harus segera keluar dari tempat dan lingkungan tersebut. Hubungi polisi terdekat.
4. MENGELOLA STRES
Setiap orang pernah dan pasti mengalami stres. Stres ada yang baik, ada yang buruk. Stres merupakan kesempatan pada kehidupan rutin dan kesehatan Anda. Mendapatkan kenaikan gaji atau mendapat promosi merupakan stres juga, sama halnya dengan dipecat dari pekerjaan. Stres dapat merupakan faktor “penyumbang” penyakit dari segala sisi, mulai dari sakit punggung, insomnia sampai kepada kanker dan sindroma kelelahan yang kronis. Bila Anda stres yang berlebihan, sebaiknya pelajari teknis pengaturan beberapa stres dan turunkan risiko stres yang berhubungan dengan kesehatan.

5. PERLAMBAT TANDA KETUAAN
Jangan pernah keluar rumah tanpa kaca mata hitam dan body lotion yang mengandung tabir surya. Kaca mata hitam dan lotion berpelindung matahari penting untuk melindungi kulit sekitar mata dari kanker kulit, sekaligus memperlambat munculnya kerutan dan tanda-tanda ketuaan lainnya. Tidak pernah ada kata terlambat untuk memulainya.
6. OLAHRAGA TERATUR
Olahraga yang teratur meningkatkan harapan hidup dan memperbaiki kesehatan secara menyeluruh. Kegiatan fisik yang teratur dapat mengurangi risiko kanker (pada kasus-kasus tertentu risiko kanker dapat berkurang sebanyak lima puluh persen), penyakit jantung dan osteoporosis. Juga dapat mengurangi atau memperbaiki gejala menopause, pre menstrual syndrome (PMS), diabetes, dan sejumlah gejala penyakit lainnya.
Rasa percaya diri serta energi dapat ditingkatkan dengan berolah raga. Olah raga yang teratur juga membantu mencegah sakit punggung bagian bawah (low back pain). Hanya 30 menit, tiga sampai lima kali seminggu waktu yang diperlukan untuk meningkatkan kesehatan dengan berolah raga.
Bila merasa tidak mempunyai waktu untuk berolah raga, ingatkan diri Anda bahwa sesedikit apapun olah raga yang Anda lakukan tetap berguna daripada tidak sama sekali. Sekali Anda dapat melakukan olah raga secara rutin, Anda pasti akan merasa, diri Anda bertenaga yang dapat membuat Anda senang dan akan melakukan olah raga lebih banyak dari waktu minimum yang disarankan.

7. APA YANG DIMAKAN?
Apakah Anda penggemar makanan cepat saji? Atau Anda mengikuti diet khusus? Yang pasti, Anda harus mengimbangi jumlah makanan yang Anda makan dengan jumlah kegiatan yang Anda lakukan untuk menjaga ataupun untuk memperbaiki berat badan. Pastikan untuk memilih diet yang memasukkan daftar sejumlah buah dan sayur segar serta gandum.

Pilihlah makanan yang mengandung lemak berkadar rendah dan perhatikan jumlah garam, sodium, dan gula dalam makanan Anda. Pastikan porsi makanan Anda tidak berlebihan. Kurangi makan makanan cepat saji dan pilihlah makanan yang sehat kalau Anda terpaksa harus melakukannya.

8. STOP ROKOK!
Bila Anda seorang perokok, hentikan segera! Bila tidak, jangan pernah memulainya. Merokok meningkatkan risiko berbagai macam jenis penyakit kanker dan kardiovaskular, menopause lebih awal, masalah pada saat menstruasi dan masalah fertilitas.

Wanita hamil yang merokok berisiko melahirkan bayi prematur, melahirkan bayi dengan berat badan yang kurang, terlilit ari-ari, keguguran dan meninggal saat baru lahir. Nikotin dapat menyebabkan bayi-bayi tersebut mengidap sakit telinga, masalah pernafasan dan penyakit-penyakit lainnya yang memerlukan konsultasi dengan dokter anak.
9. BATASI KONSUMSI ALKOHOL
Pengaruh alkohol pada hati lebih berbahaya bagi wanita daripada bagi pria, terutama sirosis dan hepatitis. Jumlah wanita pecandu alkohol yang meninggal karena sirosis lebih banyak daripada pria pecandu alkohol. Selain itu alkohol meningkatkan risiko kanker payudara dan gangguan menstruasi yang dapat menimbulkan masalah kesuburan.

10. LAKUKAN SEKS AMAN
Bila Anda tidak melakukan hubungan seks yang monogami, jangan lupa menggunakan kondom selama berhubungan seks. Pil KB ataupun metode kontrasepsi lainnya tidak menjamin proteksi terhadap HIV/AIDS atau penyakit kelamin menular / infeksi lainnya.

11. BERKENDARA DENGAN AMAN
Jangan lupa untuk selalu mengenakan tali pengaman pada saat mengendarai mobil ataupun mengenakan helm pada waktu mengendarai motor. Tali pengaman telah menyelamatkan jutaan ribu orang setiap tahunnya. Mengenakan tali pengaman meningkatkan kesempatan Anda untuk selamat dari kecelakaan sebanyak empat puluh persen. Patuhi rambu-rambu lalu lintas dan jangan pernah minum/mabuk pada saat mengendarai kendaraan bermotor atau berada pada kendaraan yang dikendarai oleh supir yang minum/mabuk.

%d blogger menyukai ini: