Beranda > Tips > Bugar di Bulan Ramadhan, Ibadah Puasa pun Aman

Bugar di Bulan Ramadhan, Ibadah Puasa pun Aman

Agustus 24, 2009

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas umat-umat sebelum kamu, agar kamu bertaqwa,” Demikianlah seruan ALLAH dalam Qur’an Surat Al Baqarah ayat 183. Seruan berpuasa tersebut tidak ditujukan pada setiap orang, melainkan hanya kepada orang-orang yang beriman. Tujuannya untuk meningkatkan ketaqwaan kepada ALLAH SWT. Orang yang merasa beriman akan tergerak hatinya memenuhi seruan ALLAH tersebut, untuk berpuasa. Bisa dikatakan bulan Puasa adalah bulan yang istimewa bagi orang-orang special atau the Special One.

Agar tetap menjadi hambaNya yang istimewa (special one), yang selalu tergerak untuk memenuhi perintah atau seruan ALLAH SWT dalam menjalankan ibadah puasa Ramadhan, sudah selayaknya kita mempersiapkan diri kita untuk tetap prima, sehat dan bugar, sehingga dapat menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh di bulan Ramadhan. Sebab selama bulan Puasa, ibadah kita tidak hanya berpuasa, tidak makan dan minum, menahan segala nafsu, sejak terbit fajar hingga matahari terbenam. Justru selama bulan Puasa Ramadhan, aktifitas kita bertambah. Selain aktifitas keseharian kita seperti bekerja sesuai profesi kita, sholat lima waktu dan sebagainya, ditambah oleh aktifitas ibadah sholat tarawih, meningkatkan frekwensi baca dan pemahaman ayat-ayat suci Al qur’an serta aktifitas makan sahur menjelang subuh. Sementara asupan gizi dan protein selama siang dihentikan.

Diakui atau tidak, lambat laun hal ini akan membuat tubuh kita, jika tidak pandai menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, menjadi lemah dan lesu. Mungkin diawal-awal puasa seperti minggu pertama dan minggu kedua, tubuh kita masih energik. Namun memasuki minggu ketiga dan keempat? Stamina terasa menyusut. Padahal…kewajiban puasa itu bukan hanya dua minggu melainkan selama satu bulan Ramadhan penuh, baik 29 maupun 30 hari. Tapi, ALLAH SWT maha tahu kondisi tubuh kita. Puasa Ramadan tidak boleh lebih dari 31 hari. Hari raya idul fitri, diharamkan berpuasa.

Untuk dapat menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh, kita perlu menjaga kesehatan dan stamina tubuh. Salah satu cara menjaga kesehatan dan stamina tubuh selain memafaatkan waktu istirahat yang tersisa di antara berbagai aktifitas ibadah, cara lainnya adalah memenuhi kebutuhan tubuh kita dengan berbagai macam protein, gizi dan zat-zat lain yang dibutuhkan tubuh seperti vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B8 dan B12, vitamin C dan sebagainya. Cara yang terbaik untuk mendapatkan asupan makanan dan protein serta vitamin tersebut adalah dengan mengkonsumsi segala sesuatu yang bersifat alami seperti nasi, umbi-umbian, sayur-sayuran beserta buah-buahan yang segar serta susu, ikan dan lemak. Namun, mengingat waktu yang terbatas… terkadang kita tidak dapat mengkonsumsi yang serba alami tersebut. Untuk menyiasatinya agar tubuh kita tetap sehat dan stamina terus terjaga kita aman untuk berpuasa, maka tidak ada salahnya kita mengkonsumsi makanan dan minuman suplemen seperti minuman energi yang mengandung semua zat dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Tapi jangan sembarangan mengkonsumsi makanan suplemen atau minuman energi. Melainkan hanya memilih atau mengkonsumsi makanan dan minuman energi, yang produk dan kualitasnya terdaftar dan cukup ketat diawasi oleh Badan Pengawasan Obat dan makanan. Salah satunya seperti teman saya yang selalu mengkonsumsi EJ.

Marhaban ya Ramadhan. Selamat datang bulan suci Ramadhan. Selamat datang bulan penuh pengampunan Selamat menjalankan ibadah puasa, bagi saudara-saudaraku yang beriman.

Sumber:

http://www.dakwatuna.com

,

http://forum2.plasa.com

%d blogger menyukai ini: