Beranda > Tak Berkategori > Ubi Merah Berperan mencegah kanker dang penyakit jantung

Ubi Merah Berperan mencegah kanker dang penyakit jantung

Ubi merah mengandung trio antioksidan, yaitu betakaroten serta vitamin C dan E. Berperan mencegah kanker dang penyakit jantung. Baik dikonsumsi diabetesi karena karbohidrat kompleks.

Para ahli sering menganjurkan konsumsi ubi merah. Sebab, dalam 100 g ubi merah terkandung sekitar 14 mg betakaroten, yang ampuh melindungi tubuh dari molekul oksigen jahat (radikal bebas), selain 28 mg vitamin C dan 6 IU vitamin E.

Mengonsumsi ubi merah dan makanan lain yang kaya betakaroten dapat menetralkan molekul sebelum meruska berbagai bagian tubuh, seperti pembuluh darah dan organ mata. Cara ini juga ampuh melawan kanker dan penyakit jantung.

Dr. Morris dan kawan-kawan melakukan penelitian yang melibatkan 1900 responden. Hasilnya, mereka yang dalam darahnya banyak mengandung karotenoid, bukan hanya betakaroten tetapi juga lutein dan zeaxanthim, mempunyai risiko 72 persen lebih rendah terserang penyakit jantung.

Karena merupakan sumber serat, ubi merah sangat baik bagi diabetesi (penderita diabetes). Serat makanan secara langsung dapat membantu menurunkan gula darah karena diserap secara perlahan dan tidak semuanya menjadi glukosa dalam aliran darah. Ini artinya, dapat mengendalikan gula darah pada diabetesi.

Ubi merah juga baik dikonsumsi oleh mereka yang ingin menurunkan berat badan karena mengandung karbohidrat kompleks. Selain itu, juga vitamin B, folat, dan B6, yang bermanfaat untuk mendorong fungsi otak tetap maksimal.

Saat membeli ubi, pilihlah yang dagingnya berwarna orange dan bagian kulitnya berwarna merah. Makin kuat warnanya, makin banyak kadar betakarotennya.

Kandungan lemak dalam ubi cukup rendah, sehingga perlu ditambahkan lemak saat pengolahannya. Penyerapan betakaroten oleh tubuh akan optimal bila terdapat lemak yang menyertainya.
(idionline/senior)

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: