Beranda > Tak Berkategori > Tips Agar Jantung Tetap Sehat

Tips Agar Jantung Tetap Sehat

Statistik memperlihatkan bahwa kita, khususnya wanita, perlu memberi perhatian yang lebih besar terhadap kesehatan jantung.

Penyakit kardiovaskuler termasuk pembunuh terbesar. Untuk menghindari penyakit yang mematikan iniseorang pakar menyumbangkan beberapa tips berharga berikut:

• Kalau anda kebetulan merokok,

cobalah menghentikannya sekarang juga. Rokok termasuk salah satu penyebab penyakit jantung, namun juga merupakan salah satu kebiasaan yang paling mudah diatasi. Makin banyak merokok, makin tinggi risiko penyakit jantung.
Perhatikan selalu kadar kolesterol anda.

Salah satu penyebab penyumbatan arteri adalah terlalu banyaknya jumlah kolesterol dalam darah. Arteri yang tersumbat dapat mengakibatkan serangan jantung atau stroke.
Perhatikan selalu tekanan darah anda.

Tekanan darah adalah tingkat tekanan jantung untuk memompa dan mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Makin tinggi tekanan darah, makin tinggi risiko stroke dan serangan jantung.
Jangan lupa berolahraga.

Tubuh yang tidak aktif juga merupakan penyebab penyakit jantung. Gerakan fisik, misalnya jalan selama 30 menit per hari, jauh lebih baik daripada sama sekali tidak berbuat apa-apa.
Perhatikan berat tubuh anda.

Karena lemak tubuh yang berlebihan, orang gemuk mempunyai kemungkinan yang lebih tinggi menderita tekanan darah tinggi, diabetes dan kolesterol tinggi.
Selalu konsumsi makanan yang sehat.

Makanan yang kita santap merupakan bahan bakar untuk jantung dan seluruh jaringan tubuh lain. Inilah pedoman makanan yang dianggap sehat untuk jantung: jumlah lemak sebaiknya di bawah 30% dari total kalori harian; lemak jenuh sebaiknya di bawah 10% dari total kalori harian; lemak ganda-jenuh sebaiknya di bawah 10% dari total kalori harian; 50% kalori lainnya sebaiknya terdiri dari lemak mono-tak-jenuh; konsumsi kolesterol tidak boleh lebih dari 300 miligram per hari; dan konsumsi natrium tidak boleh lebih dari 3.000 miligram per hari
(idionline)

Lindungi Jantung dengan Kacang

Semakin banyak kacang yang kita makan, semakin banyak pula radikal bebas dalam tubuh yang berhasil kita hancurkan. Begitulah khasiat kacang yang ternyata tidak cuma mengandung banyak serat dan protein, tetapi juga menyimpan banyak antioksidan.

Sudah lama para vegetarian mengandalkan kacang untuk menggantikan daging yang kaya akan protein. Namun, menurut Clifford Beninger dari University of Guelph, Ontario, Kanada, sebagaimana dikutip Amternative Medicina, bukan hanya kaya protein, kacang juga mengandung antioksidan, penjinak radikal bebas, yang diyakini sanggup melindungi tubuh dari serangan kanker, gangguan jantung dan gangguan penyakit lain.

Menurut Beninger, antioksidan pada kacang itu dihasilkan dari flavonoid, kandungan yang juga didapati pada teh dan anggur merah. Dari uji cobanya terhadap 12 varietas kacang. Beninger mendapatkan, semakin tua warna jenis kacang tersebut, semakin banyak pula falvonoid yang dikandungnya. “Makan kacang merah beberapa kali dalam seminggu akan memperoleh manfaat yang sama dengan minum anggur merah,” sebut Beninger.
(idionline/senior)

Alpukat dan Jantung

Makan alpukat lima kali seminggu dapat menurunkan kadar kolesterol darah.

Kadar LDL dan triglisera atau kolesterol jahat yang merupakan pencetus penyakit jantung akan mengalami penurunan. Sedangkan HDL, sebagai kolesterol baik akan mengalami peningkatan sehingga membantu mengurangi pengidapan penyakit jantung.
(idionline/Dtkhealth)

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: