Beranda > Tak Berkategori > Penyakit Jantung

Penyakit Jantung

menurut juru bicara American Heart Association, Richard Stein, M. D., Anda memiliki dua kali lipat resiko penyakit jantung prematur dibandingkan dengan mereka yang tidak memiliki riwayat keluarga dengan penyakit jantungYang juga penting untuk Anda perhatikan, bahwa banyak faktor-faktor pencetus resiko penyakit. jantung seperti kolesterol tinggi, hipertensi dan diabetes yang diturunkan melalui genetika

Anda patut mencermati jika ibu Anda mengalami penyakit jantung atau kardiovaskular sebelum usia 60 tahun, atau jika ayah atau saudara laki-laki Anda mengalaminya sebelum usia 50 tahun. Karena

Tapi Anda tidak perlu kuatir berlebihan, karena walaupun mungkin Anda mendapat gen ‘buruk’ dari kedua orang tua Anda, tapi toh Anda punya pola hidup Anda sendiri. Karena kunci terhindar dari segala gangguan jantung adalah menghindari segala pola hidup yang tidak sehat, dan membiasakan diri dengan gaya hidup yang lebih sehat, misalnya :

  • o Jangan merokok!

Riset menyimpulkan bahwa tubuh orang yang memiliki riwayat keluarga dengan penyakit jantung lebih mudah menerima efek-efek berbahaya dari rokok, dibandingkan mereka yang tidak memiliki riwayat keluarga yang sama. Untungnya, jika Anda merokok, berhenti merokok bisa menurunkan resiko Anda terkena penyakit jantung dengan cukup cepat, seperti yang disampaikan oleh para peneliti di University of Washington di Seattle, bahwa orang yang telah tiga tahun berhenti merokok bisa menurunkan resiko terkena penyakit jantung pada level yang sama dengan orang yang tidak merokok sama sekali. Jadi, berhentilah merokok mulai detik ini!

  • o Setia dengan pola makan ramah-jantung

Perbanyak konsumsi buah-buahan, sayur-sayuran dan gandum utuh, serta hindari lemak jenuh dan asam lemak trans, pilih sumber lemak tak jenuh tunggal atau ganda, dan konsumsi ikan dengan kandungan lemak baik seperti tuna, salmon dan sardine, setidaknya dua kali seminggu.

  • o Kurangi berat badan jika berlebihan

Pada mereka yang obesitas ataupun kelebihan bobot badan, kerja jantung menjadi lebih berat untuk memompa darah ke seluruh tubuh karena selain luas permukaan tubuh yang terlalu besar, pada orang yang kegemukan biasanya di pembuluh darahnya terdapat plak-plak kolesterol yang menumpuk sehingga menyempitkan pembuluh darah. Akibatnya lama kelamaan jantung akan membesar supaya bisa memompa darah dengan lebih kuat, namun hal ini bisa berakibat terjadinya gagal jantung kongestif.

  • o Rajin-rajinlah memeriksakan kondisi tubuh

Jika Anda memiliki resiko tinggi penyakit jantung akibat faktor keturunan, maka Anda harus lebih rajin memantau kondisi tubuh Anda sendiri seperti tekanan darah, kadar kolesterol, dan juga kadar gula di dalam darah, karena ketiga faktor inilah yang paling bertanggungjawab atas terjadinya penyakit jantung. Jika terdeteksi adanya abnormalitas pada salah satu atau bahkan ketiganya, Anda bisa segera mengontrolnya dengan melakukan pengobatan secara teratur dan juga mengatur pola makan dan gaya hidup yang lebih sehat agar penyakit jantung enggan hinggap di tubuh Anda.

  • o Lagi-lagi, olahraga

Olahraga rutin dengan intensitas sedang, jika dilakukan setidaknya 4 hari dalam seminggu, juga bisa menjaga kesehatan jantung Anda. Penelitian yang dilakukan oleh Harvard School of Public Health menemukan bahwa bahkan jalan kaki secara rutin, minimal empat jam atau lebih selama seminggu, secara signifikan mengurangi resiko gangguan jantung selama 14 tahun pada wanita yang menderita diabetes.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: