Beranda > Tak Berkategori > Jangan Abaikan Sakit Kepala

Jangan Abaikan Sakit Kepala

Sebagian besar orang pasti pernah mengalami sakit kepala. Gejalanya saja bermacam-macam. Ada yang berdenyut-denyut, sempoyongan, berputar, kepala berat atau terasa seperti tertindih. Tak perlu kuatir, ada jurus untuk mengusirnya.

Seorang ibu datang ke praktik dokter sambil mengeluh, “Aneh, Dok, hampir saban kali sehabis makan di restoran makanan laut, saya selalu pusing. Kepala rasanya berat sebelah, adakalanya sampai sempoyongan dan sedikit mual. Tapi setelah dibawa tidur, pusingnya hilang.”

Secara umum, sakit kepala terbagi atas dua bagian, sakit kepala primer tipe tegang dan migren, serta sakit kepala sekunder yang disebabkan oleh suatu proses dalam otak karena tumor, perdarahan, dll. Penyebabnya bisa beragam, semisal: kurang gula atau O2, obat, kebanyakan nitrit dan monosodium glutamat (MSG, bumbu masak), hipertensi, pascacedera kepala, pascakejang, infeksi selaput otak, perdarahan.

Makanan yang bersifat merangsang, entah itu mengandung MSG, tyramine, dopamine, kafein atau zat nitrat yang banyak terdapat pada daging sapi olah, ham, sosis, pada orang yang peka memang bisa langsung mengganggu fungsi pembuluh darah kepala atau leher. Pasalnya, beberapa puluh menit setelah makanan masuk ke dalam perut, terjadilah penyempitan pembuluh darah. Rasa pusing pada ibu tadi timbul akibat mengembangnya kembali pembuluh tersebut.

Sayang, penyebabnya masih belum diketahui dengan pasti. Namun banyak peneliti berpendapat, zat-zat kimia pada pembuluh darah yang diproduksi oleh tubuh menjadi biang keladinya. Gangguan suplai darah ke otak yang mengakibatkan perubahan ukuran pembuluh darah mana saja memang dapat menyebabkan pusing atau sakit kepala. Pusing karena makanan pada umumnya hanya terasa sesisi, entah berdenyut atau berat sebelah.

Kejadian seperti ini ternyata tidak sama dengan alergi terhadap makanan atau zat tertentu. Kalau pusing karena makanan atau minuman disebabkan oleh pengaruh zat asam amino terhadap pembuluh darah atau saraf, pusing karena alergi terhadap makanan (seperti telur, udang, dll.), berhubungan dengan protein yang terkandung di dalamnya. Gangguan alergi adalah gangguan pada sistem ketahanan tubuh, bukan pada pembuluh darah atau saraf. Gejala alergi pada makanan umumnya memunculkan reaksi seperti sesak napas, gatal atau pembengkakkan kulit, bahkan ada kalanya penderita pingsan.

Pusing setelah makan di restoran mungkin bisa disamakan dengan pusing saat mencium bau atau terkena cahaya tertentu. Di sini sistem sensori orang yang peka lebih tinggi daripada orang yang kurang peka. Cara pencegahannya sederhana saja. Hindari makanan yang bisa menyebabkan sakit kepala tadi.

Gangguan mata dan gigi

Sakit kepala sebenarnya merupakan akibat dari rangsangan bangunan di kepala dan leher yang peka terhadap nyeri, entah itu kulit, otot jaringan penunjang tengkorak, pembuluh darah atau bangunan-bangunan yang terdapat dalam rongga tengkorak. Penyebab sakit kepala selain karena faktor intra-kranial, bisa juga karena faktor ekstra-kranial seperti gangguan pada mata, THT, gigi, tulang leher, tumor, dll. Atau bisa pula karena faktor psikis: banyak pikiran, cemas, kurang tidur, dll.

Ragam sakit kepala pun bermacam-macam, namun yang acapkali menjadi bahan pembicaraan orang adalah migren, sakit kepala menekan, dan vertigo.

Migren adalah bentuk sakit kepala yang dimulai pada satu sisi dan menetap, berdenyut disertai mual dan terasa lebih berat pada posisi membungkuk. Migren biasa dimulai dengan banyak menguap, daya tangkap kurang dan lekas marah. Frekuensi serangan, bisa setiap minggu, bisa setiap bulan. Bentuk spesifik didahului penglihatan berkunang-kunang, di tengah bidang pandang muncul bintik-bintik terang benderang. Beberapa saat kemudian bintik menjadi sebesar telur menyebar ke samping kiri dan tampak kabur atau gelap di tengahnya, dikelilingi cahaya terang. Setelah lima menit secara pelahan bayangan memudar. Pada saat itu rasa nyeri pada sebelah kepala mulai datang, berdenyut-denyut disertai rasa mual.

Hampir semua pusing migren menurut dokter berhubungan dengan pembuluh darah kepala dan leher. Pencetusnya bisa karena perubahan hormon saat masa haid atau saat pemakaian pil KB. Bisa juga karena perubahan temperatur yang mendadak, psikis, makanan atau obat yang merangsang, dll. Obat yang diberikan biasanya bersifat mengerutkan pembuluh yang akan menghilangkan rasa sakit. Namun pemberian obat harus hati-hati kalau penderita mengidap penyakit tekanan darah tinggi, angina pectoris (nyeri dada kiri) atau sudah mengalami kekerasan pembuluh darah. Pada saat serangan migren berakhir pada umumnya penderita merasa lemas dan nyeri otot, tapi adakalanya merasa gembira sekali.

Pada sakit kepala menekan, gejala umumnya ditandai dengan kepala terasa ditekan atau terikat, tegang menyeluruh di dua sisi kepala seperti pada dahi, pelipis, daerah belakang kepala atau leher. Sakit kepala ini banyak dipicu oleh tekanan mental atau fisik. Orang yang sering terserang sakit kepala menekan ini dianjurkan untuk tidak minum obat penghilang rasa sakit lebih dari 5-10 kali dalam sebulan. Sebaiknya menggunakan obat sakit kepala yang hanya mempunyai satu bahan aktif seperti asam asetil salisilat. Penggunaan obat kombinasi malah dikhawatirkan bisa menyebabkan sakit kepalanya jadi kronis. Selain itu penderita dianjurkan untuk banyak melakukan jalan pagi, senam, latihan relaksasi.

Bila kepala terasa sakit, mengompres handuk hangat di leher bagian belakang dapat membantu penderitaan. Penderita juga dianjurkan untuk tidak duduk terlalu lama bila melakukan perjalanan jauh dengan mobil. Usahakan untuk beristirahat pada selang waktu tertentu. Mungkin perlu diperiksa apakah alas tidur atau bantal menjadi gara-garanya. Tentu saja apabila obat dan latihan-latihan tersebut tidak mempan perlu konsultasi dokter agar diteliti lebih lanjut.Penelitian dengan CT Scan dapat membantu untuk meneliti apa penyebab utamanya.

Penderita migren ataupun sakit kepala menekan, dianjurkan untuk tidak minum semua jenis minuman beralkohol, makanan yang diawetkan atau dikeringkan, keju tua, kol asam, makanan beragi atau mengandung banyak nitrit (pada daging olahan) atau MSG yang gampang merangsang pembuluh darah.

Serasa berputar-putar

Jenis gangguan kepala lain, adalah vertigo yang merupakan suatu ilusi bergerak atau halusinasi gerakan. Penderita merasakan atau melihat lingkungannya seolah berputar, padahal sebenarnya tidak. Gerakan yang dirasakan pada umumnya berputar, walaupun ada kasus yang gerakannya bersifat linier(tubuh seolah-olah didorong atau ditarik menjauhi bidang vertikal).

Perasaan berputar muncul karena sistem keseimbangan dalam otak terganggu. Yang mengatur sistem keseimbangan adalah sistem vestibuler, sistem serebelum (otak kecil) dan sistem korteks (lapisan luar) serebri dan batang otak.

Vertigo yang dalam bahasa Yunani artinya memutar ini, sebagian besar disebabkan oleh gangguan sistem vestibular yang sering dibarengi gangguan sistem otonom (mual, pucat, keringat dingin, muntah, perubahan denyut nadi, tekanan darah dan diare). Vertigo sebenarnya merupakan gejala dari suatu penyakit, bisa akibat benturan atau trauma pascakecelakaan, stres, gangguan pada telinga bagian dalam, obat-obatan, terlalu sedikit atau terlalu banyak aliran darah ke otak, dll. Sensasi sempoyongan juga dapat dialami seseorang yang berdiri di ketinggian atau bingung berada di tempat yang ramai dan asing. Yang lebih parah apabila sakit kepala ini merupakan gejala stroke atau tumor otak. Untuk mengetahui pangkal penyebabnya perlu dilakukan pemeriksaan secara teliti.

Dikenal juga istilah vertigo posisional, yakni vertigo akan muncul hanya pada sikap atau posisi kepala tertentu, misalnya miring ke kanan atau kiri dan telinga yang terganggu ditempatkan di sebelah bawah. Sindrom ini pada umumnya hanya berlangsung beberapa detik atau menit saja, namun disertai rasa mual.

Ada pendapat yang mengatakan, untuk mengatasi gejala itu penderita seharusnya terus berusaha mempertahankan sikap atau posisi yang mencetuskannya. Dengan latihan ini lama kelamaan intensitas serangan akan mereda. Namun dalam kenyataan kebanyakan penderita langsung mencari posisi lain untuk mengalihkan serangan. Tapi ini tergantung penyebabnya, kalau kelainan terletak pada batang otak atau serebelum, tidak akan diperoleh perbaikan dengan cara di atas. Untuk mengurangi serangan vertigo bisa dilakukan cara berbaring santai, minum obat antimuntah dan mabuk serta berusaha menenangkan diri.

Yang perlu diwaspadai apabila sakit kepala timbul mendadak dengan rasa sakit tidak tertahankan. Perlu juga dicurigai sakit kepala yang semakin berat. Juga sakit kepala yang memburuk bila mengejan atau melakukan kegiatan. Apalagi kalau disertai penurunan kesadaran, bicara mulai kacau, demam tinggi. Sakit kepala yang begini biasanya pertanda adanya kelainan dalam rongga tengkorak.

Karena stres?

Sakit kepala karena ketegangan seringkali dicetuskan oleh stres. Penderita merasa pusing sewaktu mlihat orang banyak, jantung berdebar, perut kembung, mudah tersinggung, sulit tidur, dan tampak depresif.

Kalau pada penderita hipertensi umumnya sakit kepala terasa saat bangun tidur dan berkurang atau hilang saat ia melakukan kegiatan, tidak demikian pada penderita sakit kepala karena ketegangan. Sakit kepala jenis ini sering dimulai pagi hari, lalu semakin siang semakin terasa berat. Pada migren, seringkali sakit kepala dirasakan justru tengah malam sehingga mengganggu tidurnya.

Tentu saja kalau keluhan sudah dapat diatasi dengan obat, kita masih harus mengamati, kapan rasa sakit yang sama kembali menganggu.

Mereka yang sering diganggu sakit kepala dianjurkan olahraga jalan kaki dan berenang, juga melakukan senam ringan seperti menggelengkan kepala ke kiri dan ke kanan. Ditambah latihan mengangkat bahu perlahan-lahan. Usahakan pula untuk hidup teratur dan hindari bekerja di luar batas kemampuan. (Nanny Selamihardja/Intisari)

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: