Beranda > Ginjal > Infeksi Saluran Kemih

Infeksi Saluran Kemih

Bila Anda pernah merasakan nyeri saat buang air kecil, sebentar-bentar ingin ke kamar kecil, mungkin Anda menderita Infeksi Saluran Kemih (ISK).

 ISK adalah infeksi yang mengenai sistim berkemih yang dimulai dari ginjal hingga uretra yaitu saluran tempat keluarnya air seni. Hampir sebagian besar penyebab terjadinya ISK ini disebabkan oleh kuman atau bakteri, terutama jenis E. Coli. Bakteri ini sebenarnya secara normal dapat kita temukan di usus saluran pencernaan kita dan daerah dubur (anus).

 

Wanita lebih sering mengalami ISK ini, dapat juga dialami sejak usia masih dini. Wanita lebih mudah mengalami ISK ini, disebabkan karena saluran uretranya yang jauh lebih pendek dibanding pria, sehingga kuman akan mudah masuk ke dalam saluran kemih.?

Gejala yang dapat ditemukan antara lain demam, menggigil, rasa nyeri saat berkemih, keinginan untuk sering berkemih, sering berkemih tapi air seni yang keluar hanya sedikit, nyeri pada bagian perut bawah dan kadang dapat disertai rasa mual. Pada anak-anak yang masih kecil, jarang ditemukan gejala yang khas, hanya mungkin ditemukan sedikit demam, rewel, mual dan mungkin juga diare.

 

Bila menemukan gejala-gejala seperti yang disebut diatas, sebaiknya cepatlah berobat ke dokter. Untuk memastikan, dokter akan melakukan pemeriksaan laboratorium air seni untuk melihat kuman atau sel darah putih di dalamnya. Pengobatannya dengan diberikan antibiotika dan mengkonsumsi banyak cairan untuk ‘membilas’ saluran kemih.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: