Beranda > Tak Berkategori > Apakah Gigi Anda Sensitif?

Apakah Gigi Anda Sensitif?

Pernah tidak saat Anda makan es krim tiba-tiba gigi terasa ngilu sesaat? Jika ya, wah boleh jadi Anda menderita gigi sensitif. Perubahan pola makan, menyikat gigi terlalu keras, kecenderungan pemutih gigi dituding sebagai penyebab meningkatnya kasus gigi sensitif.

 Satu dari tiga orang Indonesia menderita gigi sensitive, menurut studi yang dilakukan GlaxoSmithKline Consumer Healthcare. Gigi sensitif merupakan istilah umum yang dipakai untuk menunjukkan adanya dentine hypersensitive akibat menipisnya enamel, penurunan gusi dan terbukanya dentin, sebuah lapisan di bawah enamel.

Drg. Debie X. Wijaya, Dental Detailing Manager GlaxoSmithKline, hasil penelitian menunjukkan persentase terbanyak penderita gigi sensitif adalah perempuan. Hal ini diduga karena faktor hormonal serta kebiasaan makan yang terlalu manis atau terlalu asam yang disukai kaum hawa.
Sebagian kita mungkin tak menyadari jika menderita gigi sensitif dan membiarkannya begitu saja karena tidak mengetahui langkah apa yang harus dilakukan untuk mengatasinya. Padahal jika gigi sensitif dibiarkan, masalah serius terkait kesehatan gigi dan mulut sudah menanti.
“Biasanya orang menghindari menyikat gigi yang sensitif karena tak tahan serangan ngilunya. Jika hal ini berlangsung lama maka akan terjadi timbunan plak yang lama kelamaan yang akan mengundang munculnya periodontal disease,” lanjut drg. Debie.

Bagaimana pencegahan dan penanganan terhadap gigi sensitif? Sikatlah gigi dua kali sehari dengan pasta gigi khusus untuk gigi sensitive yang akan mengurangi rasa ngilu pada gigi. Sebaiknya pasta gigi ini dilakukan terus menerus agar gigi sensitive tak membuat anda merana saat menikmati es krim atau bakso super panas favorit. Jangan lupa kunjungi dokter gigi untuk pemeriksaan berkala ya!
 (idionline/HanyaWanita-OL)

Kategori:Tak Berkategori Tag:,
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: