Beranda > Diabetes > Rileksasi Bantu Pasien Diabetes

Rileksasi Bantu Pasien Diabetes

Anda penderita diabetes? kalau ya sebaiknya hindari stres. Sebuah studi menemukan mengatasi stress dengan rileksasi dan teknik pernapasan bisa memberikan dampak seefektif obat pengontrol diabetes.

 

Stres menurut studi ini bisa meningkatkan kadar glukosa darah bahkan memperbesar resiko komplikasi seperti gangguan pada mata, ginjal dan syaraf.

Studi ini menemukan sekitar sepertiga pasien diabetes yang rutin melakukan teknik relaksasi tercatat mengalami penurunan gula darah satu persen lebih dibanding pasien lain yang tak

“Teknik-teknik penanganan stres bila disertai dengan perawatan standar bisa membantu menurunkan kadar glukosa darah. Penurunan yang dicapai juga hampir sebesar hasil yang bisa diharapkan dari obat-obatan pengendali diabetes,” kata Richard Surwit, psikologi kedokteran dari Duke University Medical Centre, Amerika.

Tim Surwit meneliti 108 pasien diabetes tipe II dan pengidap diabetes akut pada orang dewasa. Semua responden tersebut diminta menjalani sesi edukasi diabetes selama 30 menit dan separuh responden juga diminta mengikuti panduan mengatasi stres.

Setelah setahun 32 persen pasien yang mendapat pengetahuan tentang penanganan stres tercatat mengalami penurunan gula darah satu persen atau lebih. Sementara hanya 12 persen di antara responde tanpa pengetahuan mengatasi stress mengalami penurunan kadar gula darah.

Menurut Surwit stress mempengaruhi diabates secara langsung.

“Saat stress terjadi pelepasan hormon yang memicu mobilisasi energi. Inilah yang dikenal dengan reaksi ‘fight or flight’ (lawan atau kabur). Kunci mobilisasi energi ini adalah transport glukosa ke aliran darah, akibatnya kadar glukosa naik. Nah bagi pasien diabetes akan lebih baik jika menambah relaksasi dan teknik pernafasan dalam terapi diabetes mereka,” tambah Surwit.
 (idionline/Net)

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: