Beranda > Balita > Membersihkan Telinga Anak

Membersihkan Telinga Anak

Saya mempunyai anak laki-laki umur 5 tahun, kalo lagi pilek pasti bilang telinganya sakit, saya lihat sendiri kedua telinganya tertutup tai telinga, hampir total, yang ingin saya tanyakan apakah berbahaya bila saya bersihkan sendiri? padahal saya pernah coba tapi keras sekali. dan apakah ada semacam obat atau cairan untuk memperlunak tai telinga tersebut?

rongga hidung dan telinga memang berhubungan, sehingga saat hidung tersumbat, biasanya telinga terasa nyeri akibat tekanan karena ada sumbatan di ujung rongga bagian hidung. Apalagi jika telinga tertutup kotoran.

 Sebetulnya jika ingin membersihkan kotoran telinga, apalagi kondisinya sangat kotor, disarankan untuk membersihkannya ke dokter THT karena dikhawatirkan jika membersihkan sendiri bisa timbul infeksi akibat gesekan dengan dinding telinga. Kotoran telinga sebenarnya adalah mekanisme pertahanan telinga untuk menyaring kotoran yang masuk lewat udara, jadi untuk membersihkannya pun tidak boleh sembarangan dikorek.

 Ada juga obat tetes telinga yang bisa digunakan untuk melarutkan kotoran telinga sehingga mudah dibersihkan, namun obat ini pun harus didapat dengan resep dokter. Konsultasikan dengan dokter THT tentang cara yang tepat untuk membersihkan telinga anak Anda.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: