Beranda > Diabetes > Kenali Gejala Diabetes Sedini Mungkin

Kenali Gejala Diabetes Sedini Mungkin

PERNAHKAH Anda mengalami gejala seperti sering buang air kecil, cepat merasa lapar, haus dan lelah?  Jika ya, apalagi sering, ada baiknya Anda memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui ada tidaknya gejala diabetes.
       

Diabetes atau penyakit gula adalah salah satu jenis penyakit berbahaya yang banyak diderita orang di seluruh dunia.  Di Amerika, misalnya, survei yang dilakukan Center for Disease Control and Prevention’s Division (CDC) baru-baru ini melaporkan antara tahun 1990 sampai 1998, diabetes meningkat 70% pada usia 30 sampai 39, 40% pada usia 40-49, dan 31% pada usia 50-59 tahun.  Di Indonesia, dalam tahun 2000 diperkirakan sekitar lima juta penduduk mengidap diabetes.
       

Penderita diabetes memiliki kadar glukosa (sejenis gula) yang tinggi dalam darahnya.  Jika glukosa dalam darah terus bertambah dan masuk ke sel tubuh, maka tubuh akan kekurangan energi.  lama kelamaan, kadar glukosa tinggi dapat merusak mata, ginjal, urat syaraf dan hati.
       

Bahaya yang paling dekat jika kondisi ini dibiarkan misalnya perasaan lemah badan atau kurang tenaga yang membuat hidup Anda kurang produktif.  Bahaya lebih besar mengancam manakal penderita tidak segera diberi perawatan.  Apalagi jika sudah terjadi infeksi, sehingga diabetes semakin berat dan sukar disembuhkan.
       

Tak jarang, penderita diabetes kehilangan kesadaran atau sering disebut koma, yang bisa berakhir dengan kematian.  Hal ini merupakan komplikasi diabetes yang berat dan mendadak (akut).  Dan jangan heran, komplikasi menahun akan terjadi kalau penyakit ini tidak ditanggulangi dengan baik dan rapi.

 

Kenali sejak dini

Mencegah lebih baik daripada mengobati.  Untuk mencegah jangan sampai penyakit diabetes menyerang, alangkah baiknya Anda mengenali gejala-gejala yang “dekat” dengan penyakit ini.
       

Ada beberapa gejala yang mungkin saja merupakan tanda kelebihan glukosa dalam darah.  Misalnya saja, Anda kerap buang air kecil, merasa sangat lapar dan haus, ada masalah dengan penglihatan, merasa lelah, atau bahkan mengalami kondisi koma.  Kalau Anda sering mengalaminya, segeralah memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui berapa banyak kadar glukosa dalam darah Anda.
       

Mencari tahu apakah diabetes telah menyerang atau tidak memang menakutkan.  Namun Anda tak perlu panik, karena penderita diabetes tetap dapat hidup panjang, sehat dan bahagia asalkan merawat diri dengan baik, misalnya rajin berolahraga dan diet yang benar.

(Tim Iklan Kompas)

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: